WELCOME IN MY BLOG...

Terima kasih anda telah bersedia mengunjungi blog pribadi saya...Sungguh kehormatan yang begitu besar buat saya... Semoga anda bisa memberikan koment-koment yang berarti buat saya. dan semoga kita bisa belajar bersama untuk memaknai kehidupan

Salam hangat

sandri/akang john

about me

Foto Saya
samarinda, kalimantan timur, Indonesia
aku adalah seseorang yang sedang mencari jati diri, dan pembekalan hidup utk menghadap sang rabb...oleh karna itu, ku selalu belajar, dan terus belajar untuk memaknai hidup,mencoba menyelesaikan permasalahan2 yang ku temui dan sharing kepada orang lain kemudian berbagi kepada orang lain mengenai pengalamanku itu... semoga apa yang ku lakukan dapat bermanfaat bagi orang lain...amien

Sabtu, 10 Desember 2011

KESALAHAN DALAM PELAYANAN KEFARMASIAN PART 1

KESALAHAN DALAM PELAYANAN KEFARMASIAN PART 1

          Ini terjadi di apotikku tempatku bekerja, aku mempunyai seorang teman, ia adalah sahabat baikku. Sebut saja dalam cerita ini namanya budi. Nah, budi itu bisa dibilang tipe orang yang kurang cermat, kurang teliti, terlebih lagi ia tidak pernah mau untuk belajar,  prinsip hidupnya terkadang sedikit melenceng dari pikiranku,,, huft…begitulah dia!!!
Suatu hari ia menghargakan resep, yups, ia memang agak lemah dalam menghargakan resep, sebab ia kurang menguasai teknik dalam operasional computer aplikasi KIS.
Disaat ia mulai menghargai, diketiknya item-item obat yang terdapat pada resep tersebut, lalu diisinya biodata pasien,kebetulan pada sat itu pasien adaah seorang nenek- nenek.sehingga ia mengosongkan salah satu data yang penting   yaitu nomor telepon pasien. Dikarenakan  nenek-nenek itu sudah tua  untuk ditanya Tanya mengenai hal itu.
Setelah clear, si pasien membayar sesuai dengan harga yang disebutkan, lalu pasien pun diminta untuk menunggu ditempat tunggu. Obat disiapkan dibelakang , sesuai resep obat diberi etiket,mengenai aturan pemakaian dan khasiat, dan akhirnya diserahkan kepada pasien yang bersangkutan oleh si budi tadi. Pasien itupun mendengarkan dengan baik penjelasan dari budi, dan akhirnya pasien puang seteah paham  dengan penjelasan dari si budi tadi
Selang beberapa menit kemudian…
Salah satu rekan saya ,sebut saja dalam cerita ini si imah, jadi imah iseng-iseng merapikan resep yang telah terayani,,,diihatnya resep  tadi dan diceknya…hmmm ternyata ditemukan kekeliruan dalam menghargai resep…
Setelah dilihat dengan seksama  salah satu obat pada resep tersebut  yaitu BENOVIT  M  diminta di resep 15 biji namun dihargai/ dientri  hanya 1 biji sedangkan yang diserahkan tetap 15 biji sesuai resep……wowwww.. . Pasien tidak mengalami kerugian justru apotik yang mengalami kerugian
Melihat kondisi tersebut,budi mencoba untuk bersikap tegar dan berjiwa besar, ia mengakui kesalahannya dan bersedia apabila gajinya dipoton bulan depan                                         
Evaluasi :
BETAPA PENTINGNYA NO.TELPON PASIEN !!!
Tidak perlu menggunakan tenaga yang cukup banyak untuk bertanya berapa nomor pasien kan ???


Tidak ada komentar :

Posting Komentar